Wakajati Sumbar Lantik Pejabat Eselon IV dan V Kejaksaan Tinggi Sumbar

SAMBUTAN
WAKIL KEPALA KEJAKSAAN TINGGI SUMATERA BARAT
PADA ACARA PELANTIKAN PEJABAT ESELON IV DAN V
PADA KEJAKSAAN TINGGI SUMBAR

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua,
Yang saya hormati :

–   Para Asisten, Kabag Tata Usaha Kejati Sumbar;
–   Rohaniawan
– Pajabat Struktural  eselon IV dan V;
– hadirin yang berbahagia,

Pada kesempatan yang berbahagia ini marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat  dan karunia-nya kepada kita semua, sehingga pada hari ini kita dapat melaksanakan upacara pelantikan pejabat Eselon IV dan Eselon V di lingkungan Kejaksaan Tinggii Sumatera Barat.

Saudara-saudara!
Mutasi dan promosi jabatan adalah satu bagian dari kebutuhan organisasi yang dinamis, Hal ini penting, dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia bagi kelembagaan, pembinaan karier pegawai.  serta upaya penyegaran untuk  peningkatan kinerja institusi.
Disisi lain, setiap pegawai tentunya mempunyai cita-cita dan keinginan dalam berkarir. Namun, pengembangan karier pegawai tidak semata-mata dilakukan untuk kepentingan pegawai yang bersangkutan, melainkan lebih diutamakan untuk melakukan pembenahan dan pemantapan organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja penyelenggaraan tugas dan pelayanan umum.  Selain persyaratan kepegawaian yang sudah ada, penilaian pimpinan secara langsung juga menjadi pertimbangan. Karakter pribadi, integritas serta loyalitas terhadap institusi merupakan indikator utama terhadap pegawai yang akan direkomendasikan.

Saudara-saudara!
Saat sini kita berada pada era tekhnologi informasi. Kalau dipetakan komposisi pegawai pemerintah yang ada saat ini dapat disebut masa transisi. Karena sebahagian pegawai senior masih ada yang gagap tekhnologi, tentunya akan berpengaruh terhadap kinerja. Seiring berjalan waktu, ada generasi baru yang lebih dikenal dengan era milenial. Bagi pegawai kelompok ini sudah menguasai tekhnologi, untuk mempercepat kinerja dalam suatu instasi.
Kondisi demikian juga dialami oleh instansi kejaksaan. Sudah seharusnya setiap insan adhyaksa mempunyai keterampilan dan kemampuan dalam mengaplikasikan IT. Hal ini penting karena manajemen dan administrasi yang kita hadapi sehari-hari tidak terlepas dari peralatan IT.
Untuk itu, kepada saudara-saudara yang baru saja dilantik, agar semakin meningkatkan kemampuan dan keterampilan IT saudara. Pejabat eselon IV dan V merupakan unsur pelaksana tekhnis di bidang masing-masing. Maka saudara bertanggung jawab dengan tugas tekhnis yang diperintahkan oleh pimpinan. Contoh kecil, apabila ada ketikan surat yang salah atau salah ketik maka yang paling bertanggungjawab adalah petugas tekhnis, mulai dari operator, eselon dan eselon IV. Itulah sebabnya, setiap konsep yang saudara buat harus diparaf secara berjenjang, sebelum diparaf harus dibaca dulu oleh yang memaraf. Sebelum ditanda tangani oleh pimpinan.
Ada tiga hal pesan saya yaitu PERTAMA :
Sebagai Pejabat yang diberi amanah, Saudara harus punya NILAI yaitu apa yang bisa Saudara berikan untuk instutusi Kejaksaan….tentu ini terkait dengan kinerja, kinerja Saudara harus baik, harus bagus dan sempurna.
KEDUA : saudara harus bisa memberikan ARAH PERUBAHAN pada Institusi dan tentunya perubahan yg lebih baik
dan KETIGA : Saudara segera laksanakan tugas dengan bekerja KERAS, Beker CERDAS, bekerja IKHLAS dan SEMPURNA dalam bertugas…
Untuk mewujudkan itu semua, kita harus melakukan perubahan. Mulai dari pribadi masing-masing, untuk perubahan institusi.
Selaku Wakajati Sumatera Barat, saya sudah mulai menggerakkan perubahan itu dengan membentuk Tim Reformasi Birokrasi di lingkungan Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat. Untuk itu saya tegaskan kepada pejabat yang baru dilantik ini untuk segera memahami dan melaksanakan reformasi birokrasi dibidang masing-masing.
Saya ucapkan selamat bekerja mengemban tugas baru yang dipercayakan pimpinan kepada saudara, dengan senantiasa berpegang teguh pada sumpah jabatan yang baru saja diucapkan dengan hikmat dan penuh rasa tanggungjawab kehadirat Tuhan Yang Maha Mengetahui.

hadirin yang saya hormati !
Demikian sambutan saya, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan perlindungan dan pertolongan kepada kita semua dalam melaksanakan tugas dan pengabdian untuk negara dan bangsa tercinta ini.
terima kasih. billahi taufiq wal hidayah!
wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

PADANG, 6 DESEMBER 2018
Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi
Sumatera Barat
ttd
Dr. HERI JERMAN, SH. MH

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *